NIA

Foto saya

Hidup itu pilihan.😉😉😉 Kita bisa memilih fokus ke hal-hal yang membuat kita khawatir, atau fokus ke hal-hal yang membentuk hidup baru. Karena kita tidak memiliki energi yang cukup untuk melakukan dua-duanya. Kita bisa hancur karena khawatir, atau akhirnya memilih untuk menghancurkan kekhawatiran.

Selasa, 07 Juni 2016

Pendidikan Islam dan sistem Penjaminan Mutu_Deden Makbuloh_Septi Kurniawati

Resensi Buku
“PENDIDIKAN ISLAM DAN SISTEM PENJAMINAN MUTU
 Menuju Pendidikan Berkualitas Di Indonesia”
KARYA: Dr. Deden Makbuloh, M.Ag.

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah  Kapita Selekta Pendidikan Agama Islam


Disusun oleh:
Septi Kurniawati
NPM   1311010310

Jurusan          : Pendidikan Agama Islam
Kelas               : PAI D/6 (enam)

Dosen pembimbing:
 Dr. Deden Makbuloh, M.Ag

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN ) RADEN INTAN
LAMPUNG
TAHUN 2016




Judul  :
PENDIDIKAN ISLAM DAN SISTEM PENJAMINAN  MUTU
Pengarang :
Dr. Deden Makbuloh, M.Ag
ISBN               : 978-979-769-967-3
Penerbit           : PT. Grafindo Persada Jakarta
Cetakan           : I, Januari 2016
Tahun  Terbit   : Januari 2016
Tebal Buku      : X + 216 halaman, 23 cm

BIODATA PENGARANG
Dr. Deden Makbuloh, M.Ag. lahir di Ciamis, 03 Mei 1973. Gelar Sarjana (S-1) IAIN Sunan Gunung Djati Bandung. Fakultas Tarbiyah, Jurusan PAI tahun 1994-1998; gelar Magister (S2) IAIN Sunan Gunung Djati Bandung, Pendidikan Islam tahun 1999-2001, dan gelar Doktor (S3) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Pendidikan Islam, tahun 2004-2010, serta Short Course, the University of Melbourne Australia, November-Desember 2009.
Berprofesi sebagai dosen IAIN Raden Intan (S1, S2 dan S3); dosen Universitas Lampung; dosen Universitas Muhammadiyah Lampung. Penulis juga bekerja bekerja sebagai Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) di Jakarta sejak tahun 2011 hingga sekarang. Beliau juga menjabat sebagai Ketua Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M iain Lampung periode 2015-2019

KANDUNGAN BUKU
Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT, sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Tujuan buku ini ditulis adalah untuk menyebarluaskan pemikiran dalam bidang pendidikan Islam yang berhubungan dengan sistem penjamin mutu. Pendidikan islam di Indonesia sangat setrategis untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara.
Kemudahan dalam pendirian lembaga-lembaga pendidikan menjadi sorotan bagi penulis buku dalam mengkritisi kondisi dunia pendidikan. Tak adanya standarisasi mutu, akuntabilitas rendah hingga pengelolaan pragmatis menyebabkan pada ketidak jelasan kualitas anak didik. Fenomena datas menjadi keprihatianan bagi penulis buku.
Solusi utama yang diberikan adalah deiselenggarakanya pendidikan yang islami dengan sitem penjamin yang yang tepat. Di dalam buku nya dijabarkan secara akurat dengan memberikan gambaran berbagai permasalahan nyata yang dihadapi bangsa terkait pendidikan dan mutu nya. Melalui implementasi sistem penjamin mutu maka pendidikan di Indonesia menuju bangsa yang bermartabat akan terwujud dengan dilakukannya perbaikan-perbaikan mutu.
Buku ini ditulis dengan sistematis penulis memberikan teori-teori menejemen mutu yang berisi konsep mutu, konsep menejemen mutu pendidikan, strategi menejemen mutu pendidikan dan meliputi konsep sistem pendidikan islami yang lengkap. Dari konsep, landasan hingga implementasi perencanaan pendidikan Islami, penulis juga tidak lupa memberikan orientasi mutu pendidikan Islami, penjaminan mutu SDM Guru, peserta didik dan mutu kepemimpinan. Dengan pendekatan ilmiah disertai referensi yang lengkap sehingga setiap gagasan dan sintesis penulis memiliki dasar teori dan rujukan yang jelas, dengan demikian buku ini sangat cocok sebagai bacaan anda, terutama sebagai rujukan masalah mutu pendidikan Islam.

KELEBIHAN
Dalam buku ini penulis banyak memberikan saran mengenai bagaimana cara memperbaiki ataupun meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia baik kepada pemerintah  pusat maupun pemerintah daerah. Buku ini juga, menciptakan suatu paradigma baru untuk merubah suatu lembaga pendidikan, menjadi lembaga pendidikan yang lebih baik dan mempunyai mutu yang tinggi dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.
Selain menggunakan teori-teori barat dalam menguatkan argumennya, dalam buku ini juga penulis menggunakan teori-teori dari para tokoh indonesia dan tokoh muslim serta menyertakan dalil-dalil yang bersumber dari al qur’an dan hadits, yang mana kita ketahui bahwasannnya al qur’an dan hadits merupakan sumber pokok bagi umat islam yang tidak diragukan lagi kebenaranya, sehingga dapat memperkuat identitas buku dan akan menambah peminat bagi pembacanya karena pada umumnya yang dilihat dari seorang akademisi dari sebuah buku adalah isi buku, semakin bagus referensi yang digunakan maka semakin banyak orang berminat untuk membaca buku ini.
Selain dari pada itu bahasanya yang apik, membuat pembaca faham apa yang ingin disampaikan oleh penulis.

KEKURANGAN
Menurut saya, isi dari buku ini sudah bagus dan menarik untuk di kaji, tetapi seperti perumpamaan yang mengatakan bahwasannnya tidak ada gading yang tak retak, maka buku ini masih memiliki kekurangan seperti pada halaman 37 disebutkan delapan faktor penting praktik manajemen mutu yang di kemukakan oleh saraph dkk, dan aspek yang yang menentukan mutu pendidikan yang dikemukakan oleh Eddward Sallis menggunakan bahasa inggris akan tetapi tidak disertai arti/penjelasan, sehingga pembaca tidak faham apa yang dibahas. Dan hal ini tidak hanya pada halaman 37, tetapi pada halaman lain pun ditemukan.
Selain itu, dalam pembuatan sebuah buku, nilai estetik dan kesesuaian sangatlah penting menurut saya. Maka dari itu gambar “plane-planet” sebagai cover menurut saya kurang sesuai dengan judul, seharusnya diganti dengan gambar sekolah, sarana prasarana yang kurang layak, dan lain sebagainya yang sesuai dengan “pendidikan islam dan penjaminan mutu”
Di dalam buku ini penulis memperkuat argumennya dengan menggunakan dalil dalil yang bersumber dari Al-Qur’an dan hadits, akan tetapi tulisan ayat ayat al quran maupun hadits tidak dicantumkan di dalam buku. Padahal menurut saran saya lebih baik ditampilkan tulisan-tulisan dari potongan-potongan ayat al quran ataupun hadits tersebut agar pembaca tahu bagaimana lafadznya.
Terlepas dengan kekurangan tersebut, buku ini sangat layak untuk anda baca untuk menambah wawasan anda. Terutama bagi anda yang merupakan praktisi pendidikan, terlebih bila anda sebagai kepala madrasah atau kepala sekolah, oleh karena itu kita selaku agen perubahan sudah sepatutnya menggali intelektualitas, wawasan, kita  dalam pendidikan.. setelah membaca buku ini lakukan gerakan diam terinjak zaman atau bergerak mengikuti zaman.. 
Salam sukses fastabikul khoirat.. sekian dan terimakasih..
Wallahul Muawafiq Ila aqwamith thariq...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar