NIA

Foto saya

Hidup itu pilihan.😉😉😉 Kita bisa memilih fokus ke hal-hal yang membuat kita khawatir, atau fokus ke hal-hal yang membentuk hidup baru. Karena kita tidak memiliki energi yang cukup untuk melakukan dua-duanya. Kita bisa hancur karena khawatir, atau akhirnya memilih untuk menghancurkan kekhawatiran.

Kamis, 24 April 2014

catatan si ndut...

Kerayon Kehidupan
syukur mungkn hanya itu yg dapat aku fikirka dalam benak ini , betapa tidak , hampir semua yg aku ingin kan , nan aku impikan , terwujud satu demi satu , untayan untayan doa yg dulunya ,, hanya semacam, aduan , aduan ku kepadanya Nyai kini hampir tak ku percayain , semuanya mulai nyata di dpan mata ini , ya salah satunya , dia , lucu memang , aku mengibaratkan sebagai kerayon kehidupan ku , yg memberi warna ,ya warna yg sangat ku dambakan ketia , aku melihatnya hampir 3 tahun lalu , warna dimana aku merasakan hal yg tidak biasa , warna dimana aku tersenyum ketika terbesit akan dirinya .
ehm mungkin semua ini ku akui berawal saat itu , saat dimana aku merasa hidup ini hampa tanpa warna dna cahaya , dia datang dengan bejuta misteri .sosoknya yg renyah sangat mudah tertawa ,sangat mudah dy anggap hidup ini sangatlah mudah , yg sebenarnya memberi ku motifsi untuk bangkit lagi , melepas semua semu hidup lagi dan mulai melangkahkan kaki ini. luka itu pun ku akui masih cukup dalam , dan entah dia tukang sulap atau apa yg mungkin dengan sekejap merubah sesutu ,, haha lebai banget yak , gak gak . gak selebai itu jugak kok , dia meluruhkan luka ini perlahan mewarnai hidup ku , menerangi jalan ini , dengan warna warni keajaiban ,kerayon kehidupan itu .
hari hari ku lewati setelahnya dengan semangat baru .semangat yg aku bahkan tak tau darimana asalnya .semangat yg selalu dy katakan semangat itu berasal dari diri ku sendiri , dan dy hanya membantu ku untuk mecuatkan semangat itu .
suatu magrib seusai sholat ngaji , dan makan , aku kembali ke kamar ku , kamar diamana saksi bisu aduan aduan ku sama Allah ya raab , hehe malu sebenernya mengutip hal ini cik cik cik , soalnya tangis kadang selalu mengiringi aduan aduan itu . haha lebai lebai , mungkin itu perasaan kalian saat baca tulisan ku ini , tapi entah akupun gak tau kenapa mata air di mata ini begitu mudah mengucur bak keran di mushola hehe .
haha jadi nglantur kemana mana yak , hehe setelah beberapa saat menghidupkan , laptop yg selama ini menemani di kamar ini , aku mulai mencari modem , dan berniat mencari kabar pengumuman , SBMPTN . dengan harap harap cemas aku terpejam saat membuka link , tersebut entah mengapa seperti merebab muka ku merah sesenggukan saat itu , tangis tak terbendung , yg ku ingat hanya lah semua perjuangan ku 2 bulan seblum menghadapi hal tersebut sebut. Dimana aku harus menempuh perjalanan hampir 2 jam perjalanan menuju tempat bimbingan di bilangan balam , tepattnya di pertigaan belakang sebuah plaza terkenal di kota ku . berangkat jam 8 pulang jam 5 sore , itu rutinitasku 2 bulan itu , mengluarkan banyak daya upaya ku lalui masa masa sulit itu , hujan ,terik yg kurasa , dingin dan lemas ku kuatkan hati dan pikiran ku untuk selalu tegar menghadapinya , disana aku memiliki teman baru ada yg jutek ,seru , konyol , ya namanya si lutfi si anak jutek , dedi si bocah seru , dan putu si bocah konyol ,ya mereka adalah penghibur ku yg selalu dpat membuatku selalu tersenyum dan tertawa riang melupakan sejenak carut marutnya hati ini . dua bulan berlau sangat lah lambat jika ku rasakan saat itu . sebenarnya tak semuanya berjalan begitu saja tanpa dering dering semangat di hp ku , ya aku menyebutnya dering dering semangat ketika para teman dekatku , si ikan . none . dan si embem , hem ya jelas kalian gak kenal sama mereka haha , karna aku aja blom ceritaen hal itu haha , jo prengat perengutlah , mari saya ceritakan satu persatu . 

pertama ikan dy adalah teman yg kukenal saat aku kelas 2 sma , aku mengenalnya ketika aku mendapati tugas sebagai guru ngaji dimana tempatnya masjid dpan skolahan ku , hehe sebelumnya aku kasih tau ni sebelum kalian pada ribut lagi gak tau sekolah ku , aku sma , di sebuah sma yg lekat akan kekeluargaan SMA MUHAMMADIYAH 01 Pringsewu . hehe lanjut ceritanya , si ikan nama julukan ku haha aku saat senang memberi nama julukan uuntuk orang orang terdekat ku , ikan nama aslinya SITI ROHMAH . dy seorang yg memberi semangat bukan semangat si semacam temen smsan yg unik karna dy penggila perhatian yg musti di beri sms tanya kabar dan sejenisnya .
lanjut berikutya si none , haha iya bener none bukan nama aslinya , none memiliki nama asli RINA PITHALIA teman yg aku temua dan aku kenal sejak hariitu juga saat liburan saat yg sama saat bertemu si embem , none memiliki jasa yg begtu besar dy yang selalu memberi semangat pada ku memberi dering dring itu , merubah murung dan penat menjadi senyum ketika itu . sangat dekat kami hingga aku menjadikanya adik ya aku nyaman menjadi kknya , dan menjadikan dy salah satu adik ku .
embem ya tepat dy adalah si kerayon itu kelian penasaran sama embem siapa nama aslinya , seblumnya udah di sindir di atas embem jugak ku kenal di saat perjalanan itu pertemuan yg tak ada yg merencanakan kecuali sang raab yang selalu setia memberi ku kesempatan untuk mengadu , aduan aduan itu . ya mungkin aduan itu mulai terwujud , ya embem memang bukan nama asli si kerayon , nama asli si kerayon adalah , SEPTI KURNIAWATI . tepat sekali dy adalah kerayon itu , sebenarnya tak terlalu dekat aky denganya ,hanya beberapa kali bertemu , d sms pun tak terlalu asik lebiih ke debat dan entah ngomongin hal yg gak jelas . hehe entah walu tak terlalu dekat tapi aku selalu menunggu ,, ya bak ketimpa keberuntungan ketika dy sms pada ku ,sku setiap saatmenanti kabar darinya .

begtulah tiga orang tersebut yg selallu memberi semangat baru dan banyak tawa tercipta yg selalu terbanyang tiap aku berangkat dan pulang bimbingan belajar , haha iya hampir tiap saat ketika mengendarai mtor ku aku ngalum , konyol memang bahkan pernah aku merasa baru jalan eh tiba tiba sadar udah sampe rumah , haha parah iya emanga ku terkadang parah bgtu haha.
Semua itu ku jalani berminggu minggu hingga tiba malam ini malam yg tak bisa ku lupakan , malam yg aku takbisa berkata kata , malam diama air mata ku hampir takbisa berenti , ibarat pipa pdam yg bocor , malam itu ku mendapat dekapan , kasih yang begtu hangat ,iya ibu hanya ibu yg menemanii ku saat itu hanya ibu ibu yg sanagt cantik yg sangan ku sayangi itu , mendekap ku tanpa banyak tanya beliau hanya mendeka ku erat erat , entah berapa lama hingga aku mulai bisa bernafas mungkin , lama lama dan lama , kami berlinangan air mata saat itu hingga ibu mulai berkata , ‘nak silahkan malam ini kamu menangis , hanya malam ini besok baru ibu tnyakan pada mu akan kemana langkah mu berikutnya ‘
Tanpa bicara lagi beliau mengecup ku , dan meninggalkan ku di kamar dan seraya berlalu dengan kata kata , ingat SEMUANYA AKAN INDAH PADA SAATNYA . aku tersenyum sejenak mendengarnya . tepat sekali hasil penguman itu aku dapati tulisan merah di layar laptop ku , yg artinya , hem udah tau semua lah , apa yg ku maksud .
Kecewa ya banget , sedih hem sangat sedih , lemas tanpa jalan ya hampir kalap aku ,
Malam itu aku tanpa bisa terpejam , hanya seoarang yg ku beri kabar ini , ya tengah malam aku kabari si kerayon. Cuamn dy yg aku beri kabr ini ,
Esok harinya ketika ibu akan berangkat mengajar , hem ibunda ku seoarang guru di MTs.N Sukoharjo dan skolah ku juga waktu menempuh Sekolah menengan pertama, beliau bertanya pada ku di pagi itu , “gmana udah ada jawaban “
Aku mengangguk dan berkata “JOGJA”
Ibu seraya tersenyum dan memberi isarat setuju , anggukan dan kecup di kening , seraya berbisik , “ketika kau mau bangkit bunda selalu mendukung pilihan mu , tentukan universitas yg ingin kau masuki , n jurusanya , besok siang kamu berangkat bunda sudah siapkan tiket keberangkatanta” dan beliau berlalu untuk segera bergegas mengajar.

Hampir tak percaya aku mengucap kata jogja tadi , seperti mimpi saja aku ucap kata itu , dan heranya kenapa ibu dengan mudah menjawab apa yg ada di pikiran ku , dengan telah menyiapkan tiket itu , sebesit aku terinagat si kerayon , pewarna hari ku , aku sekejap berat untuk jauh denganya , tapi keputusan yg ku ambil memang sudah mutlak, dan dengan ketikan pendek , aku berpamitan padanya , “mbem besok aku kejogja”
Siang itu aku berangkat , joga aku berfikir tntang jogja kota pelajar , kota haha , aku akan kuliahdi kota hampir tak terbayang samasekali , saat itu aku hanya melangkah , ya memberanikan langkah langkah demi langkah ku lalui , dan hari hari beradaptasi di jogja , hingga akhirya aku di terima di pts , bernama UMY di jurusan Teknik Sipil .

Hem entah kabar gembira atau apa gak tau , akhirnya keesokanharinya aku bertolak ke lampung , di sebuah desa ku waringin sari barat , ya aku kembali untuk merayakan lebaran ,
Kalau kalian berfikir aku pulang dan bisa bertemu embem , kalian salah , entah mengapa aku tnpa kabar , dan setelah mencari tau ada apa dan tepat setelah lebaran berlalu , aku kembali ke jogja , menjalani hari hari berat tanpa dering dering itu lagi , bak di tlan bumi , gak ada kabar sama sekali , sampai di akhir UTS , semester satu aku dapati kabar bahwa, ya si embem , memiliki kekasih hati ,, haha buakn buakan aku , gak mungkin banget , aku bisa jadian , sama dia , hehe , jangan underestimet , dengan berfikir , gmana aku bisa pacaran kalok aku gak nungkapin perasan , .
Ni aku kasih tau , aku udah nyataen perasaan ini udah 3 kali haha, dan hasilnya , sama , NIHIL haha , alias di tolak haha , dy lebihnyaman jadi teman , ya aku sekalilagi gak menyalahkan keadaan , aku menangis ya mungkin sedih , mungkin mregendel , haha bahasa apaan yak , aku jugak ngarang haha ,intinya susah di ucapin deh , sebel , gak suka, cemburu , n banyak lagi , hehe tapi entah emngapa , komunikasi ku makin lancar semenjak jauh disini ,

Hingga berahir semesterpertama , aku pulang .haha iya lupa blom cerita hehe , ya udah cerita di jogja di part berikutnya aja lah ya , terpisah sama yg ini ,haha biar kalian makin penasaran sama cerita cerita ku , hehe ya ini bukan karangn , ini real stori , semua ini cerita asli perjalan ku sendiri .
Sore itu aku tiba di ruamh dengan beberapa oleh oleh , kangen haha pertanyan bodoh untuk hal seperti ini , ya iyalah kangen banget , sama ehmm ya ibu kangen bnget sape blom narok apa apa , langsung tak lempar bawaan ku n meluk ibu yg saat itu juga baru pulang mengajar , : ‘
‘piye le sehat , enak gak di jogaja’ banyak yg di ucah ibu tanpa ku jawab , blom bisa berkata aku saat itu , aku cuman bisa memeluk ibu erat saat itu ,

Setelah mgrib dan makan malam baru kami bercerita banyak tentang pengaaman dan banyak hal yg terjadi aku selama di jogja 6 bulan itu , baya kegiatan yg kulalui di rumah , dari ngurus organisasi yg sempet terbengkalai , dan banyak lagi , alhasil aku jugak jarang di rumah , lebih sering aktifitas di luar rumah , dngn se abreg kegiatan.
Hingga akirnya aku tiba di ujung liburan semester satu , ehm ya tepat di ahir liburan , aku berkunjung kerumah si kerayon , hehe ya lah kangen bangte aku pengen liat kayak apa diaa sekarang seusai sma , hehe , ya sejak hari itu memang aku gak ketemu , hampir 11 bulan hingga saat itu kami baru bertaap muka ,lagi , tak banyak yg di bicarakan memang , karna aku di buru waktu , untuk menjemput ibu , pulang dari rumah nenek , hem ya sekitar 15 menit aku di rumahnya , dan kemudian berpamitan , ya setidaknya kangen ku sedikit terobati deng menatap secara langsung , cantik nan imutnya dy di sore itu , yg membuat ku makin jatuh hati ,
Keesoakn harinya aku sudah mesti berangkat lagi kejogja , pagi itu aku pun mengirim sms lagi pada si kerayon ‘mbem aku berangakt asalamualaikum’
Aku kira gak akan di bales eh setelah beberapa saat dering itu yg selama ini ku kira semu. Dan ku kira tak akan berdering lagi , hehe iya ku liat di sana , ada sms dari si kerayon, aku buru buru buka “ndut “ ya bgtulah dy memanggil ku ,” maaf ya aku gakbisa nganter ke terminal” ati ati jaga kesehatan , sukses waalaikumsalam”
“ ya mbem “ gak papa kok mkasih ’ itulah jawaban ku
Pelukan ibu menjadi cerita terahir ku saat itu , kemudian bus melaju kencang membawa impian , impian , dan semangat ku ke kota itu , ke kota diama , 3 thn kedeoan aku berada. Tanpa ku sadrri , sejaksaat itu , dering dering itu kembali, ya dering yg saling beri kabar dan semuanya, semester dua semakin indah kurasakan , hingga tiba di bulan februari , singkat cerita , malam itu malam bersejarah , ya kami jadian , haha , kaget ya gak cuman kalian , aku sendiri kaget kenapa itu bisa terjadi , semuanya mengalir gtu saja .
Gembira ya sangat gembira yang ku rasa saat itu , hari hari makin indh dan semangat yg kurasa , hingga tepatnya di sore itu tragedi itu terjadi , dering dering itu menghilang lagi , warna kehidupan ku menghilang , kerayon kerayon itu menghilang , tragedi yg melingkupi ku , teragedi yg entah apa hikmahnya tanpa ku sadari , hanya sedihyg ku dapat saat itu ,

Haha ngawur kalian , mengira kita putus , kagak lah,alhamdulillah kami masih saling menguatkan n saling kasih kabar melalui sosmed ,
Lumayan sepi si soalnya dering itu sudah tak pernah nampak lagi , tapi lagi lagi aku gak mungkin menyalahkan keadaan aku haruslah bersyukur , karna anugrah itu tetap milik ku , aku tak kehilagan anugrah pacar terindah , teman dekat , dan semua kenagan ini , ya aku sangat bersyukur , memiliknya , walu kehilangn dering dering itu , dan sementara kerayon itu tidak dartang sepanjang hari , kadang malam, siang , bahkan hanya beberapa kali goresan kerayon, yg membuat , warna haya beberapa goresan di gambar gambar , kahir kahir ini ,
Dia berkata sabar semua akan ada hikmahya . aku hanya tersenyum
Rasa sayang ku meluap luap, ya untuk saat ini dengan hanya sesempatnya ,kasih perhatian , ya aku ke kamu , dan kamu , keaku ,gak perlu sepanjang waktu , sesekali aja sesempatnya , untuk saat ini itu sudah lebih dari cukup untuk saat ini ‘
Tanks sayang I LOVE YOU ....

.......... kerayon itu dan dering dering itu , saat ini menghilang , hanya penantian , yg akan berujung indah yg kurasakan , dan selalu kuyakini, sesuatu , yang akan idah pada saatknya kata ibu ku ,
Hem cerita cerita hari hari , kemudian , tk begtu sepesial , ku hanya , termenung dan , berusaha tersenyum, karna ku nyakin disana dia sedang tersenyu, dan aku pernah berjanji padanya , inget ya mbem , ketika kamu tersenyum , saat iru jugak aku sedang tersenyum melihatmu dengan janji itu lah , yg dapat mempertahan kan senyum bahaguia di pipi ku senyum dimana , pahit perih , asam, dan terjal kulalui disini , cerita yg tak dapat ku ceritakan, kesan yg ku anggap biasa saja, dan anganyg selalu teringat akan dirinya , ya beberapa saat aku hanya terfikir akan dirinya , akan senyumnya, akan indah wajahnya, dan , berharap suara iidah itu menyapa ku

Di ujung siang , koata jogjjakarta 24-april 2014 Pradana_sb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar