NIA

Foto saya

Hidup itu pilihan.😉😉😉 Kita bisa memilih fokus ke hal-hal yang membuat kita khawatir, atau fokus ke hal-hal yang membentuk hidup baru. Karena kita tidak memiliki energi yang cukup untuk melakukan dua-duanya. Kita bisa hancur karena khawatir, atau akhirnya memilih untuk menghancurkan kekhawatiran.

Kamis, 12 Mei 2016

Memahami Keteladanan Dakwah Rasulullah SAW dalam Membina Umat





KURIKULUM 2013
PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)

TEMA : MEMAHAMI KETELADANAN DAKWAH RASULULLAH SAW. DALAM MEMBINA UMAT

Nama Sekolah                    :   _______________________________

Kelas / Semester                 :   _______________________________

Nama Guru                        :   _______________________________

NIP / NIK                           :   _______________________________




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan :   Madrasah  Aliyah  
Mata Pelajaran       :   SKI
Kelas / Semester      :   X /1
Materi Pokok          :   Memahami  Keteladaan Dakwah Nabi Muhammad SAW. dalam Membina Umat
Alokasi Waktu        :   20  Menit

A.      Kompetensi Inti
KI 1  :   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  :   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
1.1.       Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah Saw, pada periode Makkah dan Madinah Meyakini bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim Ibrah dari perjuangan Rasulullah dalam dakwah islam pada periode Makkah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
1.2.       Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah Saw, pada periode Makkah dan Madinah Menghayati nilai-nilai positif yang dimiliki oleh masyarakat Madinah
1.3.       Mengidentifikasi hasil-hasil perjuangan  Rasullullah Saw., dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah
1.4.       Mengambil ibrah dari perjua ngan  Rasullul lah Saw, dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
Indikator
2.1         Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah
2.2         Mampu menjelaskan substansi dan strategi dakwah rasulullah saw
2.3         Mampu menjelaskan hasil perjuangan Rasulullah dalam dakwah islam
2.4         Mampu menjelaskan ibrah dari perjuangan dakwah Rasulullah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang

C.      Tujuan Pembelajaran
Peserta didik diharapkan dapat:
3.1         Peserta Didik mampu Mampu menjelaskan sejarah dakwah rasulullah
3.2         Mampu menjelaskan substansi dan strategi dakwah rasulullah saw
3.3         Mampu menjelaskan hasil perjuangan rasulullah dalam dakwah islam
3.4         Mampu menjelaskan ibrah dari perjuangan dakwah rasulullah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang

D.      Materi Pembelajaran
Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Mekkah
1.             Sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah dan Madinah
2.    Substansi dan strategi dakwah Rasulullah pada periode Makkah dan Madinah
3.    Hasil perjuangan Rasulullah dalam dakwah islam pada periode Makkah dan Madinah
4.    Ibrah dari perjuangan Rasulullah dalam dakwah islam pada periode Makkah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang

E.       Metode Pembelajaran
Pendekatan   :    Saintifik (mengamati, menanya, eksplorasi, mengasosiasi, mengasosiasi dan mengkomonikasikan).   
Metode         :    1.  Ceramah
2.    Tanya Jawab
3.    Diskusi
4.    Penugasan
Strategi         :  Peta Konsep yang disusun oleh kelompok, evaluasi dengan menggunakan NHT (Number Head Together) dikombinasikan dengan kotak yang berisi angka-angka untuk dikocok secara acak dengan kotak yang berisi  pertanyaan

F.       Media dan Sumber Pembelajaran
a.      Media          
a.    Laptop
b.    LCD Projector
c.    Sound System
d.   Kertas karton
b.      Sumber Belajar
a.  Buku Ajar Fokus Sejarah Kebudayaan Islam kelas X Kurikulum 2013
b. Buku paket
·    Yusran Asmuni, Dirasah Islamiyah II pengantar studi sejarah kebudayaan Ismam dan pemikiran, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1998.
·    Hadi Nur, .Ayo Mengkaji Sejarah Kebudayaan Islam., Semarang:Erlangga, 2012.
·    Musyrifah Sunanto, Sejarah Islam Klasik, Jakarta: Prendada Media, 2004.
c.  Al-Quran dan terjemahannya
d. Referensi lain yang relevan
e.  Internet (jika tersedia)

G.      Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
  Guru mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama/membaca basmalah.
  Guru mengajak siswa melakukan tadarus bersama selama 1 menit.
  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
  Guru memotivasi peserta didik dengan  menayangkan video motivasi.
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Memahami Keteladanan Dakwah Rasulullah dalam Membina Umat”.
  Guru menyampaikan  tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
  Guru mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca), atau dapat dengan media berbasis ICT.
  Guru membagi peserta didik dalam 3 kelompok besar, masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang anggota kelompok
6 menit
Inti
a.      Mengamati
1.     Mencermati slide power point tentang keteladanan dakwah Rasulullah SAW dalam membina umat

b.       Menanya
(memberi stimulus agar peserta didik bertanya)  
1)   Bagaimana keteladanan dakwah Rasulullah SAW dalam membina Umat

c.        Mengeksplorasi
1)   Mendiskusikan Strategi yang dilakukan Rasulullah dalam berdakwah yang dituangkan dalam peta konsep untuk didiskusikan bersama masing-masing kelompok

d.       Mengasosiasi
1)       Membuat kesimpulan tentang keteladanan Rasulullah SAW dalam berdakwah
e.       Mengkomunikasikan
1) Mempresentasikan/menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan dakwah Rasulullah SAW dalam membina umat
10 Menit
Penutup
  evaluasi dilakukan dengan NHT (Number Head Together) dikombinasikan dengan kotak bernomor  yang dikocok
  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
  Melakukan penilaian hasil belajar
  Merencanakan kegiatan tindak lanjut
  Pembelajaran ditutup dengan membaca hamdalah dan doa penutup serta salam
4 menit







H.      Penilaian
No.
Kompetensi
Teknik
Instrumen
Keterangan
1.
KI 1 dan KI 2
Observasi
·            Lembar observasi
Terlampir
2.
KI 3
Tes tertulis
·            Pilihan ganda
·            Uraian
·            Tugas (mandiri atau kelompok)
Terlampir
3.
KI 4
Kinerja
·            Lembar  laporan tugas
Terlampir


Lampiran
Penilaian KI 1
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.      Petunjuk Umum
1.    Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi. Observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan indra, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan instrument yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati. Pada jenjang SMA/MA, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya,
2.         Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

B.       Petunjuk Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan penilaian sikap spiritual peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.
4 = Selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.
3 = Sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukannya.
2 =Kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukannya.
1 = Tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.











Lembar Observasi
Kelas                               : ….
Semester                          : ….
TahunAjaran                    : ….
Periode Pengamatan        : Tanggal s.d. ….
No
Aspek Pengamatan
SKOR
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu

2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan

3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi

4
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan

5
Melaksanakan ibadah keseharian baik yang diwajibkan maupun yang dianjurkan sesuai dengan agama yang dianutnya.

Jumlah Skor


Lembar Observasi
No.
Nama Peserta Didik
Aspek Pengamatan
Jumlah
Rerata Skor
Nilai
Keterangan
1
2
3
4
5
1










2










3










4










5










Dst.












Penilaian KI 2

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR OBSERVASI)

A.      Petunjuk Umum
1.    Instrumen penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Observasi.  Sikap sosial yang dikembangkan pada Kompetensi Inti 2 di jenjang SMA/MA meliputi:
a.       jujur
b.      kreatif
c.       disiplin
d.      tanggung jawab
e.       toleransi
f.       gotong royong
g.      santun
h.      responsif
i.        proaktif
2.         Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

B.       Petunjuk Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan penilaian sikap sosial peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap sosial yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.
4 = Selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.
3 = Sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukannya.
2 = Kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukannya.
1 = Tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.




Guna memudahkan penilian, guru dapat membaca indikator tiap-tiap aspek sosial sebagai berikut.
Tabel Daftar Deskripsi Indikator


Sikap dan Pengertian
Contoh Indikator
ü  Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
ü Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)
ü Mengungkapkan perasaan apa adanya
ü Menyerahkan kepada yang berwenang barang yang ditemukan
ü Membuat laporan berdasarkan data atau informasi apa adanya
ü Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki

1.     Jujur
Adalah perilaku dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
2.    Kreatif
Kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, baik dalam bentuk karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, yang belum pernah ada sebelumnya.
ü Menghasilkan ide/karya inovatif yang dipublikasikan/dipasarkan.
ü Menghasilkan ide/karya inovatif untuk kalangan sendiri/ skala kecil.
ü Memodifikasi dan menggabungkan beberapa ide/karya untuk menghasilkan gagasan/karya baru.
ü Mencoba membuat ide/karya dari contoh yang sudah ada.
3.    Disiplin
Adalah tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
ü Datang tepat waktu
ü Patuh pada tata tertib atau aturan bersama/ sekolah
ü Mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai  dengan waktu yang ditentukan
ü Mengikuti kaidah berbahasa tulis yang baik dan benar

4.    Tanggungjawab
Adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa
ü Melaksanakan tugas individu dengan baik
ü Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
ü Tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
ü Mengembalikan barang yang dipinjam
ü Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
ü Menepati janji
ü Tidak menyalahkan orang lain utk  kesalahan tindakan kita sendiri
ü Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta
5.    Toleransi
Adalah sikap dan tindakan yang menghargai keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan
ü Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat
ü Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
ü Dapat menerima kekurangan orang lain
ü Dapat mememaafkan kesalahan orang lain
ü Mampu dan mau bekerja sama dengan siapa pun yang memiliki keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan
ü Tidak memaksakan pendapat atau keyakinan diri pada orang lain
ü Kesediaan untuk belajar dari  (terbuka terhadap) keyakinan dan gagasan orang lain agar dapat memahami orang lain lebih baik
ü Terbuka terhadap atau kesediaan untuk menerima sesuatu yang baru
6.    Gotong royong
Adalah bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama dengan saling berbagi tugas dan tolong menolong secara ikhlas.
ü  Terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
ü Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
ü Bersedia membantu orang lain tanpa mengharap imbalan
ü Aktif dalam kerja kelompok
ü Memusatkan perhatian pada tujuan kelompok
ü Tidak mendahulukan kepentingan pribadi
ü Mencari jalan untuk mengatasi perbedaan pendapat/pikiran antara diri sendiri dengan orang lain
ü Mendorong orang lain untuk bekerja sama demi mencapai tujuan bersama
7.    Santun
Adalah sikap baik dalam pergaulan baik dalam berbahasa maupun bertingkah laku. Norma kesantunan bersifat relatif, artinya yang dianggap baik/santun pada tempat dan waktu tertentu bisa berbeda pada tempat dan waktu yang lain.
ü Menghormati orang yang lebih tua.
ü Tidak berkata-kata kotor, kasar, dan takabur.
ü Tidak meludah di sembarang tempat.
ü Tidak menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
ü Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
ü Bersikap 3S (salam, senyum, sapa)
ü Meminta ijin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain
Memperlakukan orang lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan.
8.    Responsif
Adalah kesadaran akan tugas yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Kepekaan yang tajam dalam menyikapi berbagai hal yang dihadapinya dan kepahaman makna tanggungjawab yang harus dipikul adalah ciri utama kepribadiannya
ü Tanggap terhadap kerepotan pihak lain dan segera memberikan solusi dan atau pertolongan
ü  Berperan aktif terhadap berbagai kegiatan sekolah dan/atau sosial
ü  Bergerak cepat dalam melaksanakan tugas/kegiatan
ü  Berfikir lebih maju terhadap segala hal

9.     Pro aktif
Adalah sikap seseorang yang mampu membuat pilihan dikala mendapatkan stimulus. Seseorang yang bersikap proaktif mampu memberi jeda antara datangnya stimulus dengan keputusan untuk memberi respon. Pada saat jeda tersebut seseorang yang proaktif dapat membuat pilihan dan mengambil respon yang dipandang terbaik bagi dirinya.
ü Berinisiatif dalam bertindak terkait dengan tugas/pekerjaan atau sosial.
ü  Mampu memanfaatkan peluang yang ada.
ü  Memiliki motivasi untuk terus maju dan berkembang.
ü  Fokus pada hal-hal yang memungkinkan untuk diubah atau diperbaiki.


C.      Lembar Observasi
Kelas                               : ….
Semester                          : ….
TahunAjaran                    : ….
Periode Pengamatan        : Tanggal s.d. ….
           
No
Nama Peserta Didik
Sikap
Jumlah
Rerata Skor
Nilai
Keterangan
Jujur
Disiplin
Tanggung Jawab
Toleransi
Gotong Royong
Santun
Percaya  diri
1












2












3












4












Penilaian KI 3

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang jelas dan tepat! Kerjakan sendiri dan yakinlah dengan kemampuan Anda!

1.                              Kapan Nabi Muhammad diangkat sebagai Rasul Allah SWT?
2.        Jelaskan metode dakwah Rasulullah saw setelah  menerima wahyu pertama kali?
3.                              Berapa lama dakwah secara sembunyi-sembunyi dilaksanakan?
4.                              Orang-orang yang pertama kali masuk islam disebut dengan?
5.        Bagaimana tahap-tahap dakwah Rasulullah yang dilakukan secara terang-terangan?
6.                              Bagaimana reaksi kaum kafir Quraisy terhadap dakwah Rasulullah SAW.?
7.        Apa saja usaha yang dilakukan oleh kafir Quraisy untuk menolak dan mengehentikan dakwah Rasulullah SAW?
8.                              Bagaimana substansi dan strategi dakwah rasulullah SAW?
9.                              Apa saja hikmah dari sejarah dakwah Rasulullah SAW?
10.    Bagaimana sikap dan perilaku yang mencerminkan dakwah Rasulullah SAW?


Penilaian KI 4
Penilaian Kinerja

Diskusikan bersama kelompok Anda ibrah dari keteladanan dakwah Rasulullah SAW dalam membina umat?







                                                                                              



Tidak ada komentar:

Posting Komentar